-->Setelah sekian lama vakum, akhirnya blog ini memulai kembali dengan edisi dan postingan terbaru. Silahkan di liat dan jangan lupa diberi saran dan kritiknya demi membangun blog ini. Terima kasih. <--
Banyak pengguna kendaraan bermotor baik yang beroda dua maupun beroda empat yang tidak mengetahui tentang kode-kode yang tertulis pada ban tersebut. Padahal kode tersebut mempunyai arti tersendiri yang perlu di perhatikan oleh penggunanya. Bagi yang belum mengetahui, silahkan perhatikan di bawah ini. Semoga bermanfaat..
UKURAN BAN
Kebanyakan ban motor yang dijual dipasaran memakai sistem ukuran metrik (metric system) dan sistem inchi (inch system). Sebagai contoh misal ban matic yang mempunyai kode seperti di bawah ini:
Banyak pengguna kendaraan bermotor baik yang beroda dua maupun beroda empat yang tidak mengetahui tentang kode-kode yang tertulis pada ban tersebut. Padahal kode tersebut mempunyai arti tersendiri yang perlu di perhatikan oleh penggunanya. Bagi yang belum mengetahui, silahkan perhatikan di bawah ini. Semoga bermanfaat..
UKURAN BAN
Kebanyakan ban motor yang dijual dipasaran memakai sistem ukuran metrik (metric system) dan sistem inchi (inch system). Sebagai contoh misal ban matic yang mempunyai kode seperti di bawah ini:
Maka cara membacanya adalah:
Sehingga ditemukan: Lebar Ban = 90 mm; Tinggi/Tebal Ban = 81 mm
Sedangkan jika ban memakai sistem inchi seperti dalam kode 2.50-17 4PR, maka cara membacanya adalah:
Sedangkan jika ban memakai sistem inchi seperti dalam kode 2.50-17 4PR, maka cara membacanya adalah:
Untuk tinggi ban, karena angka kedua tidak ada (setelah garis miring) maka dianggap rasionya =100%; sehingga tinggi dan lebar ban juga dianggap SAMA.
TANGGAL PRODUKSI
Disalah satu sisi ban biasanya tercetak kode empat angka yang menunjukan kapan ban diproduksi. Misalnya:
TANGGAL PRODUKSI
Disalah satu sisi ban biasanya tercetak kode empat angka yang menunjukan kapan ban diproduksi. Misalnya:
Jadi kode di atas adalah ban diproduksi pada minggu ke-12 tahun 2010 (Minggu I bulan Maret 2010). Kode usia produksi ban sangat perlu diperhatikan ketika kita membeli ban baru, batas kadaluarsa ban adalah 2-3 tahun setelah produksi, cmiiw.
KODE BAN DEPAN ATAU BELAKANG
Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang.
DAFTAR KODE KECEPATAN MAKSIMUM
Kode kecepatan maksimun ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan batas
maksimal sebuah ban dipacu terus selama 1 jam dengan membawa beban sesuai spesifikasi standar.
Tabel kecepatan maksimum (km/jam)
Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang.
DAFTAR KODE KECEPATAN MAKSIMUM
Kode kecepatan maksimun ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan batas
maksimal sebuah ban dipacu terus selama 1 jam dengan membawa beban sesuai spesifikasi standar.
Tabel kecepatan maksimum (km/jam)
Rating
|
Kec. Maksimum (km/h)
|
Moped
|
50
|
J
|
100
|
K
|
110
|
L
|
120
|
M
|
130
|
P
|
150
|
Q
|
160
|
R
|
170
|
S
|
180
|
T
|
190
|
U
|
200
|
H
|
210
|
V
|
240
|
W
|
270
|
ZR
|
over 240
|
Jadi untuk ban dengan kode 90/90-14 M/C 46P. Huruf P yang ada dibelakang angka (46P) itu yang menunjukan kecepatan maksimal. Sesuai table di atas P adalah menunjukan maksimun kecepatan 150 km/jam.
KODE COMPOUND/KOMPON YANG DIGUNAKAN
Kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras.
Kode “S” = Soft (compound lunak)
Kode “M” = Medium (compound sedang)
Kode “H” = Hard (compound ban keras)
Jadi kode M/C = Medium Compound atau compound ban sedang.
ARAH ROTASI BAN
Arah rotasi atau perputaran ban ditunjukan dengan tanda panah, pemasangan ban harus sesuai dengan arah panah hal ini karena arah kembangan ban akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta mendapatkan traksi yang baik. Jika pemasangan terbalik ban tidak akan menempel pada jalan dan traksinya kurang baik sehingga ban terasa lebih licin yang bisa membahayakan pengendara.
BEBAN MAKSIMUM BAN
Indikasi beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dalam keadaan dingin biasanya dicantumkan dalam diding ban. Ada yang tertulis secara langsung. Ada juga yang menggunakan indeks angka.
KODE COMPOUND/KOMPON YANG DIGUNAKAN
Kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras.
Kode “S” = Soft (compound lunak)
Kode “M” = Medium (compound sedang)
Kode “H” = Hard (compound ban keras)
Jadi kode M/C = Medium Compound atau compound ban sedang.
ARAH ROTASI BAN
Arah rotasi atau perputaran ban ditunjukan dengan tanda panah, pemasangan ban harus sesuai dengan arah panah hal ini karena arah kembangan ban akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta mendapatkan traksi yang baik. Jika pemasangan terbalik ban tidak akan menempel pada jalan dan traksinya kurang baik sehingga ban terasa lebih licin yang bisa membahayakan pengendara.
BEBAN MAKSIMUM BAN
Indikasi beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dalam keadaan dingin biasanya dicantumkan dalam diding ban. Ada yang tertulis secara langsung. Ada juga yang menggunakan indeks angka.
Daftar Indek Angka (IA):
IA
|
kg
|
IA
|
kg
|
IA
|
kg
|
IA
|
kg
|
IA
|
kg
|
19
|
77,5
|
36
|
125,0
|
53
|
206
|
70
|
335,0
|
87
|
545,0
|
20
|
80,0
|
37
|
128,0
|
54
|
212,0
|
71
|
345,0
|
88
|
560,0
|
21
|
82,5
|
38
|
132,0
|
55
|
218,0
|
72
|
355,0
|
89
|
580,0
|
22
|
85,0
|
39
|
136,0
|
56
|
224,0
|
73
|
365,0
|
90
|
600,0
|
23
|
87,5
|
40
|
140,0
|
57
|
230,0
|
74
|
375,0
|
91
|
615,0
|
24
|
90,0
|
41
|
145,0
|
58
|
236,0
|
75
|
387,0
|
92
|
630,0
|
25
|
92,0
|
42
|
150,0
|
59
|
243,0
|
76
|
400,0
|
93
|
650,0
|
26
|
95,0
|
43
|
155,0
|
60
|
250,0
|
77
|
412,0
|
94
|
670,0
|
27
|
97,5
|
44
|
160,0
|
61
|
257,0
|
78
|
425,0
|
95
|
690,0
|
28
|
100,0
|
45
|
165,0
|
62
|
265,0
|
79
|
437,0
|
96
|
710,0
|
29
|
103,0
|
46
|
170,0
|
63
|
272,0
|
80
|
450,0
|
97
|
730,0
|
30
|
106,0
|
47
|
175,0
|
64
|
280,0
|
81
|
462,0
|
98
|
750,0
|
31
|
109,0
|
48
|
180,0
|
65
|
290,0
|
82
|
475,0
|
99
|
775,0
|
32
|
112,0
|
49
|
185,0
|
66
|
300,0
|
83
|
487,0
|
100
|
800,0
|
33
|
115,0
|
50
|
190,0
|
67
|
307,0
|
84
|
500,0
|
-
|
-
|
34
|
118,0
|
51
|
195,0
|
68
|
315,0
|
85
|
510
|
-
|
-
|
35
|
121,0
|
52
|
200,0
|
69
|
325
|
86
|
530,0
|
-
|
-
|
TIPE BAN
Pada sisi dinding ban biasanya dicantumkan pula tipe dari ban tersebut misal TT = Tube Type atau TL = Tubeless. Ban tube type artinya ban tersebut ban yang menggunakan ban dalam, sedang tubeless atau radial sudah tidak memerlukan ban dalam lagi.
SIMBOL SEGI TIGA
Simbol segi tiga disebut Thread Indication (TWI) atau indicator batas pemakaian. Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, jika alur ban sudah terkikis habis atau sdudah tipis karena pemakaian maka ban tersebut harus diganti karena sudah tidak aman lagi.
SIMBOL GARIS WARNA
Simbol garis warna ini ada pada lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya mempunyai warna berbeda missal putih, merah, kuning, biru dan hijau.
Nah begitu pentingnya arti dari sebuah kode ban. Oleh karena itu, kita wajib memperhatikannya apabila kita ingin mengganti ban kendaraan kita.
-Dikutip dari berbagai sumber-
Sip sobat, jelas banget penjelasannya, dengan tahu arti kode ban motornya, kita jadi tahu mana yang terbaik untuk motor kita, salam kenal.
ReplyDeletemakasih atas kunjungannya.. salam kenal jg gan..
Deletewah, infonya sangat membantu mas :)
ReplyDeletevisit balik ya :D
makasih atas kunjungannya.. sudah saya visit balik mas :)
DeleteInfo nya keren sob ehhe
ReplyDeleteijin nyimak
Visit today,, please visit back
makasih atas kunjungannya.. sudah saya visit balik mas :)
Delete. . wauwww,, bagus nich infonya. jadi tau aq tentang kayak gini . .
ReplyDeletesip berbagi info aja.. makasih atas kunjungannya..
Deletelengkap banget sob... trims y dah share.
ReplyDeletesalam semangat selalu^^
sip makasih bro atas kunjungannya...
Deleteboleh nich artikel gan, numpang baca2 ya :) salam kenal Jalma Daya
ReplyDeletemakasih atas kunjungannya gan... salam kenal jg gan :)
DeleteWah saya baru tau arti dari angka dan simbol yg ada pada ban...
ReplyDeletesip saling berbagi info aja mas...
Deletejadi tau arti kode di ban
ReplyDeleteElever Agency