Sunday, February 6, 2011

Artis yang Meninggal Dunia Setelah Olahraga

Berita mengejutkan datang dari politikus sekaligus artis Adjie Massaid. Pria berusia 43 tahun tersebut meninggal akibat serangan jantung setelah bermain futsal, Jumat (4/2/2011) malam.

Adjie bukan artis pertama yang meninggal mendadak usai berolahraga. Sebelumnya, ada aktor kawakan Benyamin Sueb dan pelawak Basuki yang juga mengembuskan napas setelah berolahraga.

1. Benyamin Sueb

Benyamin merupakan legenda budaya Betawi yang dikenal luas hingga ke mancanegara. Seniman Betawi serba bisa yang sudah menghasilkan kurang lebih 75 album musik, 53 judul film serta menyabet dua Piala Citra ini. Namanya pun diabadikan untuk sebuah jalan di kawasan Kemayoran.

Benyamin sempat diisukan meninggal. Pada 1984, Benyamin diberitakan meninggal. Akibatnya, telepon di rumah Ben tak henti-hentinya berdering. "Hari Senin, sepuluh kali lebih saya menerima ucapan bela sungkawa. Esoknya, masih banyak. Rabu, sudah mulai dikitan," ujar Benyamin pada 1984 seperti dikutip Majalah Tempo edisi 24 November 1984.


Padahal, saat itu, Benyamin hanya beristirahat di rumah setelah menjalani operasi batu ginjal.

Namun, pada 5 September 1995, berita duka menyelimuti dunia hiburan tanah air. Benyamin meninggal usai bermain bola akibat serangan jantung.

2. Basuki

Basuki memulai kariernya sebagai pelawak di panggung Srimulat sejak 1981. Pria kelahiran Surakarta, 5 Maret 1956, ini kemudian banyak main di film komedi layar lebar yang marak pada dekade 80-an. Basuki keluar dari Srimulat pada tahun 1986, lalu turut membentuk grup lawak Merdeka dan Batik bersama Kadir, Timbul, Nurbuat, dan Rohana. Tapi kelompok mereka tak bertahan lama. Namanya semakin melejit saat memerankan tokoh Mas Karyo dalam serial televisi Si Doel Anak Sekolahan pada 1992.

Basuki meninggal 12 Desember 2007. Mantan anggota Srimulat ini pingsan seusai bermain futsal dan mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Melia, Cibubur, Depok. 

Jenazah almarhum, yang meninggalkan seorang istri, tiga anak, dan satu cucu, dimakamkan di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

3. Adjie Massaid

Jumat sore, Adjie yang ikut menangani timnas sepak bola Indonesia usia di bawah 23 tahun (U-23) sempat mendampingi Oktovianus Maniani untuk memenuhi panggilan Komisi Disiplin di Kantor PSSI. Okto diadili setelah insiden menanduk wasit saat tampil membela Sriwijaya FC melawan Persisam Samarinda 16 Januari lalu. Kepada wartawan, Adjie berpesan kepada Okto. "Saya kira ini pelajaran buat Okto. 

Malamnya, Adjie ikut bermain futsal. Baru pada pukul 22.00 Adjie mengeluh dadanya sesak. Adjie masuk ke Rumah Sakit Fatmawati, Jumat (4/2/2011), seusai bermain bola selama 2 jam 30 menit bersama warga sekitar kompleks tempat di mana Adjie dan Angelina tinggal. Sebelumnya, Adjie dalam kondisi sehat wal afiat.

Adjie akhirnya mengembuskan napas terakhir pada pukul 00.30 WIB.

6 comments:

  1. Memang umur kita gak tahu, hanya Tuhan yang tahu kapan kita ajal

    Salam kenal. asrul.blogdetik.com

    ReplyDelete
  2. @asru: yap betul, hanya Tuhan yg tahu. Salam kenal jg

    ReplyDelete
  3. Mas.. ijin folllow.
    oya nice blog..
    kunjung perdasna juga ni..
    salam kenal.

    ReplyDelete
  4. @ID Creative: iya makasih ya udh follow n komentar. saya sudah follow jg. Salam kenal jg mas

    ReplyDelete
  5. Posting yang relevan dengan kondisi aktual: meninggalnya Adjie masaid. lebih dari itu, posting ini menjadi pengingat bagi kita akan kematian yang bisa datang kapan saja (dzikrul maut)

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  6. @Admin Beda: iya betul. makasih mas. Salam jg

    ReplyDelete