Saturday, February 12, 2011

Anak Indonesia Innovator IT

Hari Jum’at (11/02/2011) pukul 15.30, tvOne menyiarakan acara kabar khusus yang berjudul "ANAK INDONESIA INNOVATOR IT"Acara ini berisi tentang lima orang anak indonesia dalam tiga tim, mereka berusia belasan tahun. Anak yang paling muda berumur 6 tahun dan yang paling tua berumur 18 tahun. Saya kagum dengan keahlian dan kepandaian mereka, walaupun masih berusia muda tetapi sudah menghasilkan karya yang luar biasa. Saya menjadi terpacu dan bersemangat untuk bisa menghasilkan karya yang lebih bagus dan berguna bagi semua orang. Siapa saja mereka? Kita lihat di bawah ini, check this out (Cekidot).



1. ARTAV antivirus ( Arrival Dwi Sentosa dan Taufik Aditya Utama)

Mereka berdua adalah kakak adik pembuat antivirus, Arrival (13) kelas 2 SMP . Dia sama seperti anak sebayanya yang suka internetan dan main games tapi dia menyimpan potensi yang luar biasa di bidang teknologi antivirus. "Nama Artav adalah singkatan dari Arrival Taufik Antivirus. Nama saya Arrival Dwi Sentosa dan kakak saya Taufik Aditya Utama. Itu saya singkat jadi Artav biar keren," tuturnya. Walaupun ciptaan bocah umur belasan, namun anti virus berbasis visual basic ini cukup mumpuni dalam melawan virus lokal ataupun global. Tampilan grafis yang sederhana serta dukungan data base virus yang terus terbarui membuat Artav Anti Virus ini banyak diunduh. Ival mengaku melibatkan kakaknya yang baru duduk di kelas 2 SMA karena dirinya tidak bisa mendesain. Karenanya semua desain yang ada dalam program antivirus buatannya adalah hasil kreasi kakaknya. "Saya yang membuat programnya, kakak yang membuat desainnya. Saya tidak bisa mendesain. Desain Artav saat ini kakak yang membuatnya. Bagus ngga," katanya. Asal muasal ketertarikan dirinya untuk membuat anti virus karena kekesalan dirinya terhadap komputer di rumahnya sering terkena virus. Dulu dia berkali-kali menginstal ulang untuk membasmi virus yang menginfeksi komputernya. Ini dia ARTAV antivirus:




2. Social Network Salingsapa.com (M . Yahya Harlan). 

Social Network sekarang merajai dunia terutama facebook, twitter, plurk, skype, dll tetapi mereka semua dari luar. Namun sekarang Indonesia punya situs jejaring juga seperti koprol, salingsapa.com buatan anak SMP kelas 1 namanya M. Yahya. Dia buat hanya dalam kurun waktu 1 bulan. Awal dia ingin buat katanya "Awalnya saya lihat di news, ada orang Indonesia yang membuat semacam FB dengan bahasa Indonesia. Saya pikir, saya juga bisa buat yang sama dan lebih bagus lagi". Yang paling keren hobinya itu udah terlihat sejak umur 3 tahun, dia hobi mengotak-atik komputer milik ayahnya. Salingsapa.com yang dirilis pada 1 Muharram 1423 H atau 7 Desember 2010 ini memang masih dalam tahap pengembangan (development) namun sudah diakses lebih dari 40 negara dengan hit 300.000-an dan telah memiliki lebih dari 1.000 member. Ini dia M. Yahya, pembuat Salingsapa.com:



3. Games (Fahma Waluya dan Hania Pracika Rosmansyah)

Saat melihat Fahma mempresentasikan games yang dia buat, aku kagum dengan presentasi dan games yang dia buat. Yang paling keren berkat kepiawaiannya menciptakan aplikasi software untuk ponsel, Fahma Waluya Rosmansyah, (12, dan adiknya, Hania Pracika Rosmansyah, 7, berhasil mengharumkan nama bangsa. Karya mereka menjadi juara pertama di ajang internasional Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA) di Malaysia. Hingga kini sulung di antara dua bersaudara itu sudah menciptakan 14 software edutainment. Tiga di antaranya khusus dia buat untuk aplikasi ponsel. Termasuk software yang dimenangi di ajang APICTA 2010. Games buatannya juga sudah dipakai oleh salah satu produsen handphone terbesar di Indonesia yaitu Nokia. Ini salah satu program game mereka dan foto adik kakak :




2 comments: